Adanya Marketplace Bukan Berarti Angin Segar bagi Pengrajin Joran Pancing

Marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dan Bukalapak belum menjadi angin segar bagi sebagian orang. Itu adalah orang-orang pengrajin joran pancing, setidaknya di tempat saya tinggal.

Saya mengenal 3 orang yang memiliki hobi memancing sekaligus punya skill custom joran pancing. Dan semuanya tidak mendapat tempat yang layak saat menggunakan marketplace tersebut.

Tentu saja, mereka tetap dapat pesanan yang berasal dari kenalan. Di sini saya mengambil kesimpulan paling dasar bahwa relasi menjadi dasar berpihak untuk sebuah usaha.

Pada akhirnya, kita harus mencari melihat dari lensa kacamata yang lebih baik. Bahwa orang yang hobi memancing dan memiliki skill custom joran, sulit bersaing dengan orang yang memang sudah mahir mengelola marketplace.

Jasa Custom Joran Pancing di Marketplace

Adanya Marketplace Bukan Berarti Angin Segar bagi Pengrajin Joran Pancing
Ilustrasi custom joran pancing

Terlepas dari tiga orang kenalan saya, di marketplace sendiri ada puluhan orang yang menawarkan jasa custom joran pancing. Tidak sedikit yang menerima request tipe pancing seperti apa, aksesoris yang dipakai apa, dan untuk kebutuhan apa.

Tetap saja, skill custom joran saja tidak cukup, kita membutuhkan kemampuan marketing yang notabene menjadi salah satu produk modern. Sedangkan para pengrajin pancing, tidak semua, tidak seluruhnya memahami kemampuan tersebut.

Contoh mudahnya custom tegek kolong, custom microfishing, atau custom joran casting. Ada juga yang custom handle joran baitcasting, custom joran travel spinning, custom ring fuji, dan masih banyak lainnya.

Reputasi dan Relasi Adalah Kunci

Saya dapat menjelaskan mengapa reputasi dan relasi itu penting, tidak hanya dalam kehidupan secara menyeluruh, tetapi juga hal spesifik seperti menawarkan jasa custom joran pancing. Sebab, baik reputasi maupun relasi memiliki peran krusial dalam kehidupan pribadi dan profesional seseorang.

Adanya Marketplace Bukan Berarti Angin Segar bagi Pengrajin Joran Pancing

1. Reputasi

Ini berkaitan dengan kepercayaan, mencerminkan citra diri atau suatu entitas di mata orang lain. Ketika seseorang atau suatu organisasi memiliki reputasi baik, hal ini menciptakan kepercayaan di antara orang-orang.

Kepercayaan adalah pondasi paling dasar dan penting untuk menjalankan hubungan, baik itu dalam bisnis, persahabatan, atau dalam masyarakat secara umum.

Setelah memiliki kepercayaan, kemudian muncul pengaruh. Di mana reputasi yang baik dapat meningkatkan pengaruh seseorang dalam usahanya secara profesional maupun kehidupan pribadi. Orang-orang cenderung lebih memilih untuk bekerja sama atau berbisnis dengan individu atau perusahaan yang memiliki reputasi yang positif serta bisa mereka andalkan.

Hingga reputasi memberi keberlanjutan dalam dunia bisnis profesional, reputasi yang baik dapat menjadi faktor penentu keberlanjutan bisnis. Konsumen lebih cenderung memilih produk atau layanan dari mereka yang memiliki reputasi bagus.

2. Relasi

Kemudian untuk relasi, berkaitan dengan hubungan sosial. Hubungan interpersonal atau relasi sosial adalah aspek penting dalam kehidupan pribadi. Memiliki jaringan relasi yang kuat dapat memberikan dukungan sosial yang membantu mengatasi stres dan tantangan hidup.

Mereka yang memiliki relasi kuat, sangat mungkin menjalin kolaborasi untuk mendapatkan kesempatan emas. Dalam konteks profesional, relasi dapat membuka pintu kolaborasi dan peluang bisnis. Jaringan relasi yang luas dapat membantu seseorang mendapatkan informasi, ide, atau peluang karier yang mungkin tidak akan mereka dapatkan kalau hanya sendirian.

Relasi yang baik juga memungkinkan pertukaran informasi yang bermanfaat. Ini dapat mencakup pembelajaran dari pengalaman orang lain, pertukaran ide, atau bahkan bantuan dalam mengatasi masalah.

Dengan kata lain, baik reputasi maupun relasi memiliki dampak langsung pada keberhasilan seseorang. Keduanya saling terkait dan dapat saling memperkuat. Memperhatikan dan membangun baik reputasi maupun relasi yang positif dapat membantu menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan dan sukses secara pribadi dan profesional.

Kedua hal ini pula yang membuat jasa custom joran pancing kenalan saya masih mampu bertahan membuat dapur ngebul walaupun tidak merasakan nikmatnya angin segar marketplace di dunia digital. Seiring berjalannya waktu, saya yakin tetap ada kesempatan yang terbuka lebar untuk mereka!

Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url