DavinChi Rod, Inovasi Joran Pancing Modern dengan Gagang Unik

DavinChi Rod adalah salah satu brand pancing luar negeri yang mengeluarkan inovasi unik bentuk pancing. Menurut mereka melalui website resmi di https://www.davinchirod.com/, joran pancing tradisional dan konvensional dapat menyebabkan cedera tangan.

Cedera tersebut timbul saat fight dengan ikan besar atau menggunakan pancing lurus dalam jangka waktu lama dan sering. Namun, apakah kita akan langsung setuju? Apakah kita akan beralih dari joran lurus ke joran melingkar yang 'aneh'?

Halo para pembaca Blog Memancing, ada sebuah inovasi yang dianggap bisa menghindari cedera dan kerusakan tangan karena penggunaan joran pancing konvensional. Itu adalah produk dari DavinChi Rod, salah satunya adalah karena ada ergonomic design.

Ergonimic design adalah desain handle yang dibuat melengkung. Yang mana ini membuat tangan lurus saat memegang pancing dan fight dengan ikan besar. Lihat gambar di bawah ini.

DavinChi Rod, Inovasi Joran Pancing Modern dengan Gagang Unik
DavinChi Rod

Dari gambar di atas, tampak gagang pancing berbentuk setengah lingkaran. Lengkap dengan desain unik berbentuk kepala ular. Pada bagian bawah juga ada tumpuan untuk lengan.

Namun sekali lagi, apakah joran pancing ini benar-benar akan menggantikan joran pancing lurus dan tradisional sejak dahulu kala?

Spesifikasi dan Harga DavinChi Rod

Cobra DavinChi Rod, tipe joran yang punya handle melengkung dengan desain kepala ular itu. Berbahan dasar campuran antara carbon dan serat fiber. Carbon agar joran tetap ringan, dan tambahan serat fiber untuk mempertahankan kekuatannya.

Total panjang DavinChi Rod adalah 8,5 feet atau sekitar 2,56 meter. Memiliki spesifikasi kekuatan joran medium action (8-12 lbs). Desain melengkung itu mereka sebut sebagai arm support, serta menggunakan ring guide alconite.

Uniknya, pada bagian bonggol (paling bawah), terdapat damascus steel with wood handle atau pisau damaskus. Pisau serba guna untuk para pemancing liar, baik di air tawar maupun air asin.

Berbicara tentang harganya, mengutip dari laman resmi DavinChi Rod, joran pancing ini dibanderol dengan harga $450 atau sekitar Rp6,9 juta! Kalian bisa beli 7 buah joran Cacing Merah Gen 2 8-17 lbs dengan uang tersebut!

Spesifikasi lengkap DavinChi Rod
Spesifikasi lengkap DavinChi Rod

Keunikan Produk DavinChi Rod, Tapi...

Brand joran pancing luar negeri satu ini cukup unik, mereka memiliki jargon the art of fishing rod. Ya, beberapa produk joran pancing keluaran brand ini memiliki gagang unik ukiran berbagai bentuk. Sayangnya, tentu Indonesia tidak akan kalah kalau hanya soal hal unik dan nyeleneh.

Kita patut berbangga, sebab Indonesia memiliki banyak pengrajin gagang pancing. Jangankan hanya bentuk ular, burung, ikan, atau naga yang sangat realistis. Gagang pancing bentuk kacuk (alat kelamin laki-laki) pun sangat bisa pengrajin kita buat.

Kembali lagi soal produk DavinChi Rod ini. Bentuk melengkung di gagang pancing ini dimaksudkan agar tangan kita tidak sakit atau cedera saat mendapat ikan besar, serta memberi kekuatan yang lebih besar saat menarik ikan.

Namun, ada banyak hal yang menurut saya kurang relevan dan ganjil.

1. Jika Memancing Ikan Besar Sudah Ada Fishing Belt

Hal ganjil pertama berkaitan dengan memancing ikan besar. Padahal, walaupun kita menggunakan joran pancing lurus (tradisional), sudah ada alat tambahan yang bernama fishing belt. Ini adalah rod holder perut yang biasanya untuk mancing di laut.

Menggunakan fishing belt, bikin pancing mendapatkan tumpuan kekuatan. Sekaligus menjadikan posisi tangan lurus, tanpa harus ada perubahan pada gagang joran. Ada pula rod holder boat, yaitu tempat penahan joran pancing terutama untuk teknik trolling.

2. Jika Kekuatan 6x di Mana Sensasinya?

Hal ganjil berikutnya adalah soal klaim bahwa DavinChi Rod punya kekuatan 6x lipat daripada joran pancing lurus biasanya. Masalahnya, tidak semua pemancing itu ingin langsung mengangkat ikan hasil pancingan. Tetapi ada yang menginginkan sensasi tarikan dan fight yang benar-benar terasa.

Contoh mudahnya di Indonesia, memancing ikan medium hingga besar dengan joran ultralight justru memberi rasa berdebar yang luar biasa. Alih-alih menggunakan joran lbs besar, kaku, dan berat.

Ini menjadi pertimbangan kita semua sebelum memilih menggunakan 'inovasi joran pancing modern' dengan bentuk mirip busur panah itu.

3. Apakah Tangan Cedera Jika Pakai Joran Pancing Lurus?

Keganjilan ketiga soal klaim berikut ini.

The unnatural design of traditional fishing rods forces tension and stress on your wrist, hands, and tendons, which may lead to nerve compression syndrome, numbness, and pain in your joints, shoulder, and trapezius muscle. Constant use of traditional fishing rods may cause chronic injury.

Desain joran tradisional yang tidak alami menimbulkan ketegangan dan tekanan pada pergelangan tangan, tangan, dan tendon Anda, yang dapat menyebabkan sindrom kompresi saraf, mati rasa, dan nyeri pada persendian, bahu, dan otot trapezius. Penggunaan pancing tradisional secara terus-menerus dapat menyebabkan cedera kronis.

Joran tradisional tidak alami? Mengakibatkan mati rasa? Menyebabkan cedera kronis?

Saya pikir ini terlalu berlebihan. Sejak zaman nenek moyang dahulu kala, kiranya joran pancing tidak ada yang berbentuk melengkung pada gagang. Setidak-tidaknya, melengkung seperti tulang daun salak kering, atau seperti kacuk.

Pada Akhirnya Tentang DavinChi Rod

Perlu kalian pahami, opini di atas merupakan pendapat saya pribadi, yang sebenarnya merasa kurang senang dan agak terganggu atas 'inovasi joran pancing modern' dengan cara menjelekkan joran pancing lurus tradisional.

Saya pribadi suka tarikan ikan yang luar biasa, sehingga lebih memilih menggunakan joran lentur alih-alih joran kaku. Kalau bisa, malah jangan meningkatkan kekuatan joran, agar fight dengan ikan menjadi jauh lebih lama.

Pun, kalau kalian oke dengan Cobra DavinChi Rod ini, tentu saja tidak apa-apa. Toh pendapat saya barusan berdasarkan pengamatan sekilas. Di mana saya belum pernah memegang atau menggunakan joran tersebut.

Next Post Previous Post
2 Comments
  • Sucie
    Sucie 11/27/2023 6:00 AM

    Pengen ye mas? 😌

  • Riuzaki
    Riuzaki 11/27/2023 9:05 PM

    Major Craft finetail FTX yang BC juga melengkung bang, tapi aesthetic 😁✌️

Add Comment
comment url