Tentang Travel Rod, Joran yang Mengutamakan Efisiensi

Travel rod adalah joran yang mengutamakan efisiensi. Bagaimana tidak, kita bisa dengan mudah membawa ke mana-mana.

Sesuai dengan namanya, travel rod merupakan piranti mancing saat traveling. Meski begitu, sebenarnya joran ini juga memiliki kualitas layaknya joran pancing pada umumnya.

Banyak isu yang beredar tentang kekurangan joran travel. Seperti kualitas joran yang rapuh, saat dilempar copot, mudah patah, dan sebagainya.

Padahal, joran pada umumnya 2 piece bahkan 1 piece tanpa sambungan pun ada yang memiliki kualitas kurang bagus. Jadi, ibaratnya dalam 1.000 produksi joran, ada beberapa yang cacat.

Jenis joran travel sejatinya sangat luas. Mulai dari joran tegek ros pendek, joran sambung 3-5, joran telescopic, atau joran custom travel.

Penggunaan joran travel pun beragam tergantung pada jenisnya. Misalnya untuk microfishing, bisa pakai joran travel tegek ros pendek yang punya bendingan lentur dan bagus, seperti Mini Stream Wing.

RekomendasiTravel Rod
Gambar travel rod, src: FB Damar Aji

Kelebihan Travel Rod

Sebelum lebih jauh membahas mengenai kelebihan dan kekurangan travel rod, sebagai disclaimer bahwa informasi di bawah adalah pendapat saya pribadi. Tentunya kalian dapat menambahkan informasi di kolom komentar di bawah.

1. Efisiensi Saat Dibawa Bepergian

Travel rod memiliki ukuran yang kecil dan ringkas, sehingga joran tipe ini memiliki kelebihan utama di mana efisien saat dibawa bepergian.

Kita tidak perlu membawa tas pancing yang besar, tidak pula membawa banyak atribut pancing. Kita bisa memasukkan joran travel ke tas selempang kecil atau bahkan bagasi jok motor!

2. Efektif untuk Mancing Dadakan

Saya berpendapat bahwa joran travel sebenarnya membantu kita untuk mancing dadakan tanpa rencana. Bagaimana tidak, saat pergi liburan atau jalan-jalan, bisa membawa seperangkat travel rod di tas tanpa ribet.

Kalau ingin mancing, tinggal merangkai joran tersebut. Sedangkan kalau tidak ingin mancing, yasudah biar tetap berada di tempatnya.

3. Kelebihan Travel Rod Banyak Pilihan

Nah, mungkin kalian berpikir kalau travel rod hanya joran tegek dan joran telescopic saja. Padahal, ternyata ada banyak sekali jenis sesuai dengan kegunaan masing-masing.

Joran travel telescopic memang bersifat all in one, di mana joran ini bisa untuk semua teknik mancing. Mulai dari mancing dasaran, pelampungan, bahkan casting sekalipun.

Ada jenis joran yang lebih spesifik seperti spinning travel, fly fishing travel, microfishing travel, dan banyak lagi lainnya. Jadi sebenarnya tidak ada kendala untuk memancing teknik mana pun.

Kekurangan Travel Rod

Jika joran 1 piece tanpa sambungan kekurangannya sulit dibawa, lalu apa kekurangan joran travel? Berikut merupakan beberapa daftar kekurangan travel rod sebagai pertimbangan sebelum meminangnya.

1. Harga Umumnya Lebih Mahal

Secara umum, harga joran travel lebih mahal daripada joran 1 piece atau 2 piece. Misalnya pada Relix Nusantara travel Rotan 664 dan Relix Cangkek di mana secara umum punya spesifikasi hampir sama. 

Harga Rotan 664 UL di website resmi Relix Nusantara adalah 840k, sedangkan Cangkek 682 UL S series adalah 620k.

Contoh joran travel telescopic adalah Relix Bambu Ijo dan Kastking Blackhawk II. Sedangkan contoh joran pasiran telescopic ada Kenzi Telecarp.

Rata-rata harganya di atas 500k, namun sebanding dengan kualitas dan aksesoris ring bagusnya. Namun, ada juga travel rod murah seperti joran telescopic fiber atau joran sambung 4 no brand.

2. Lebih Lama Setting sebelum Mancing

Kita perlu setting travel rod terlebih dulu sebelum memulai mancing. Kalau rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk joran 1 piece atau joran 2 piece hanya 5 menit, pakai travel rod bisa butuh waktu 10 menit bahkan lebih lama.

Hal tersebut karena kita harus menyesuaikan agar setiap bagian joran sudah tertancap kuat, lurus, serta presisi. Semakin banyak jumlah piece atau bagian joran, otomatis waktu yang kita butuhkan untuk setting semakin lama.

Meski begitu, waktu setting joran yang lama tidak berlaku untuk joran telescopic. Alih-alih lama, justru semakin cepat karena kita tinggal menarik tiap ros dan menyesuaikan dengan cepat.

3. Bendingan Kurang Bagus

Joran tanpa sambungan (1 piece) punya lengkungan atau bendingan paling sempurna. Sebab, joran tersebut tidak punya sambungan sama sekali.

Berbeda halnya dengan joran travel yang punya banyak sambungan. Otomatis membuat lengkungan pada sambungan travel rod lebih keras daripada bagian yang lainnya.

Maka dari itulah cukup jarang joran travel super lentur di pasaran. Rata-rata punya beban lbs antara 2-6, jarang ada di bawah itu.

Travel rod juga tidak bisa melengkung tajam layaknya joran tanpa sambungan. Kalau kalian mencari sensasi terbaik dan maksimal saat fight dengan ikan, salah satu rekomendasi terbaik adalah joran tanpa sambungan.

Pendapat Pribadi tentang Travel Rod

Joran travel rod teleskopic antena
Joran travel telescopic, src: FB Adi Ptm

Berdasarkan beberapa penjelasan tentang kelebihan dan kekurangan joran travel, saya lebih condong memberi penilaian positif. Karena menurut saya kelebihan travel rod menutupi semua kekurangannya.

Saya sendiri pun menggunakan joran travel yang bisa masuk bagasi jok motor untuk semua teknik mancing. Saya pakai tegek yang dicustom ring dan reelseat.

Keuntungan yang paling terasa menurut saya saat pakai joran travel adalah tidak kelihatan berangkat mancing. Soalnya saya sementara ini masih tinggal di rumah mertua wkwkwk.

Jika travel rod sudah bisa memenuhi kebutuhan dan tujuan kita mancing, maka tidak ada alasan tidak menggunakannya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url