Jenis Ring Pancing Lengkap, Gambar dan Penjelasan

Jenis ring pancing ada banyak banget. Ring atau kolongan pancing adalah tempat keluar-masuk benang. Jika sebuah joran pancing punya ring atau kolongan, pasti menggunakan reel atau gulungan.

Entah yang digunakan itu reel spinning, baitcasting, reel tokos, atau sekadar reel paralon.

Semakin bagus dan berkualitas ring kolongan pancing, maka benang yang keluar-masuk juga memiliki durabilitas lebih lama.

Ring kolongan yang bagus juga menjaga senar monoline tidak keriting. Atau menjaga benang PE tidak berbulu (mrepel). Terlebih saat fight dengan ikan monster.

Dua brand ring yang sudah terkenal di antaranya adalah Fuji dan Sea Guide. Keduanya terbukti mampu bertahan terhadap korosi air asin atau laut.

Namun, terlepas dari ring kolongan pancing tersebut, masih banyak jenis yang sebaiknya kita ketahui yang mana bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Jenis Ring Pancing dan Penjelasan Lengkap

Penyebutan ring di berbagai wilayah di Indonesia sangat beragam. Ada yang menyebut kolong pancing, kolongan, dan eter.

Secara umum, jenis ring pancing dibedakan berdasarkan jenis joran dan penggunaannya. Berikut merupakan jenis yang paling umum tersebut.

1. Ring Spinning

Jenis Ring Pancing spinning

Kategori jenis ring pancing joran spinning sangat banyak sekali. Ambil contoh ring dari brand Fuji, di antaranya ada: Fuji Gold Cermet, Fuji SiC, Fuji Alconite, Fuji Hardloy, Fuji O series, dan Fuji K series.

Ring joran spinning masih dibedakan lagi dari warna, bahan, dan ukurannya. Umumnya hanya punya satu kaki penyangga.

Sebab, setiap joran spinning mempunyai beban lbs yang berbeda-beda tergantung kegunaan.

Ciri utama ring spinning adalah bentuk frame kaki lebih panjang, terutama di bagian ring paling bawah. Tujuannya agar keluar-masuknya benang dari reel lancar.

2. Ring Baitcasting

Jenis Ring Pancing baitcasting

Berikutnya ada ring jenis baitcasting, yang khusus untuk joran BC. Apa yang membedakan antara ring BC dan ring SP? Tampak jelas dari frame kaki yang lebih pendek.

Sebagaimana kita tahu, reel baitcasting berada dekat dengan handle. Sehingga membutuhkan ring yang sama-sama dekat dengan joran.

Ring ini memiliki dua kaki penyangga untuk bagian pangkal, dan satu kaki penyangga di atasnya sampai ujung joran.

Berdasarkan ukuran dan tinggi-rendahnya pijakan ring ke joran, menggunakan joran spinning dengan reel baitcasting atau sebaliknya sebenarnya kurang cocok. Setiap produk dan jenis sudah disesuaikan dengan penggunaan masing-masing.

3. Ring Joran Pasiran

Jenis Ring Pancing joran pasiran

Surf rod atau joran pasiran punya bentuk ring yang berbeda dengan SP maupun BC. Terutama di bagian ring paling bawah, di mana pada ring paling bawah joran surf bisa dilipat.

Joran ini untuk bermain di pinggir pantai maupun di tebing. Sehingga kekuatan ring menjadi prioritas utama.

Ring joran pasiran punya bantalan yang sangat kuat dengan dua kaki yang menyangga. Sehingga kekuatannya tentu lebih besar daripada ring spinning yang hanya punya satu kaki penyangga.

4. Ring Joran Telescopic

Jenis Ring Pancing joran antena

Joran teleskop atau antena mempunyai bentuk ring yang hampir sama dengan joran pasiran. Namun, ia tidak punya bantalan ring serta ring pangkal tidak bisa dilipat.

Bentuk ring joran telescopic sudah banyak dimodifikasi dengan ring spinning. Bentuknya menjadi lebih elegan, apalagi ditambah dengan ring bebas atau kolong jalan.

Ring bebas joran telescopic biasanya hanya ada di ruas paling ujung saja. Tujuannya agar benang tidak memotong seperti bentuk busur ketika joran melengkung.

5. Ring Tegek Mamarit

Jenis Ring Pancing mamarit tegek

Jenis ring pancing berikut adalah mamarit, di mana umumnya untuk joran tegek custom. Ring pancing ini memiliki diameter micro dan sangat kecil.

Bahan ring mamarit secara umum adalah tanduk hewan. Bisa juga berasal dari tulang atau stainless steel.

Ring mamarit langsung dipasang di ruas joran tegek tanpa perantara, kemudian diikat dan dilem agar kuat. Pengrajin joran tegek custom sering menggunakan ring jenis ini, karena dianggap lebih bagus daripada hanya ring kawat.

Penerapannya untuk memancing teknik nyobok yang paling sering. Tetapi bisa juga kita pakai untuk memancing teknik lainnya.

6. Ring Tegek Micro

Jenis Ring Pancing tegek kawat micro

Sedangkan khusus untuk pecinta micro fishing, tentunya tidak asing lagi dengan ring kawat tegek micro. Sesuai dengan namanya, bahan menggunakan kawat.

Seiring berjalannya waktu, bahan untuk membuat ring tegek micro turut berkembang. Di antaranya ada pakai senar gitar, stainless steel, bahkan pakai kawat di ujung pelampung.

Fokus utama ring tegek microfishing memang bukan kekuatan, melainkan bobot yang ringan. Semakin ringan ring tersebut, otomatis tidak menganggu action serta bendingan joran tegek micro.

Seperti halnya ring mamarit, ring tegek micro seringkali dikombinasikan dengan reel tokos.

Reel tokos tidak memiliki fungsi untuk melempar umpan, fungsinya hanya menyimpan benang atau senar saja.

7. Ring Tegek Alumunium

Jenis Ring Pancing tegek alumunium

Jenis ring pancing selanjutnya adalah ring tegek alumunium yang sangat populer di Jawa Barat. Ring ini tidak diproduksi pabrik, melainkan dibuat oleh tangan terampil pengrajin joran pancing.

Kelebihan ring ini menurut saya pribadi terletak pada efisiensi. Saat joran tegek dalam keadaan tertutup, bagian ring ini tidak memakan banyak tempat.

Berbeda dengan ring kawat maupun ring mamarit di mana setiap ring punya panjang sekitar 2-5 cm (termasuk lilit dan resin). Kalau ada 10 ruas, panjang joran tegek tertutup bisa bertambah antara 20-50 cm.

Kalau ring aluminium ini panjang setiap ring kurang dari 1 cm. Otomatis walaupun jumlah ruas tegek pancing banyak dan joran dalam keadaan tertutup, tidak akan bertambah banyak.

Ring alumunium sudah menggunakan kolongan ceramic. Yang mana lebih bisa menjaga durabilitas senar pancing.

Meski begitu, fungsi antara ring alumunium, ring kawat tegek micro, dan ring mamarit sama. Bisa untuk mancing teknik nyobok, pelampungan, eter-eter, dasaran, microfishing, bahkan nutul.

8. Ring Ceramic Karet PnP

Jenis Ring Pancing karet

Jenis ring pancing ini cocok bagi pemancing yang suka hal simpel. Banyak di marketplace ring ceramic karet yang Plug n Play (PnP).

Kita hanya perlu memasang ring pada setiap ruas pancing, tanpa perlu lem dan ikatan.

Kelebihannya terletak pada praktis itu tadi, bisa kita lepas kapan saja tanpa merusak ruas pancing. Tetapi tampilan pancing jika menggunakan jenis ring ini, menurut kebanyakan pemancing kurang menarik.

Tentu saja, hal tersebut kembali lagi pada selera masing-masing orang. Kalau cocok menggunakan ring karet PnP ini, tentunya tidak masalah dengan tampilan pancing.

9. Ring Snake Guide Fly Fishing 

Jenis Ring Pancing fly fishing snake guide

Ring snake atau running guide merupakan jenis ring pancing fly fishing, serta tidak ada di jenis pancing lainnya.

Joran fly fishing, setidaknya menggunakan 3 jenis ring, mulai dari ujung antara lain: top guide (ujung), running guide (tengah), dan stripping guide (pangkal).

Striping guide bentuknya mirip dengan ring pangkal di joran baitcasting, di mana ia punya dua kaki penyangga dan ceramic di dalamnya (untuk WT besar).

Running guide atau snake ring adalah kolongan untuk joran fly fishing yang bentuknya unik, mirip huruf S atau mirip bentuk ular. 

Jumlah snake ring dapat porsi paling banyak di joran fly fishing, terletak di antara top guide dan stripping guide.

Kemudian top guide, merupakan ring yang terletak di bagian paling ujung. Setiap joran memiliki ring ini, yang dipasang dengan memasukkan ujung joran ke dalam dudukan ring kolongan.

Hanya saja, top guide joran fly fishing itu tanpa ceramic.

Akhir Kata

Itulah setidaknya jenis ring pancing beserta sekilas penjelasannya. Jika kalian memiliki informasi lainnya, bisa ditulis di kolom komentar ya.

Informasi dari kalian tentunya membantu untuk membuat artikel ini lebih sempurna lagi.

Setiap jenis ring pancing disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Kalau kalian sekarang, pakai ring yang mana nih untuk joran pancing?

Next Post Previous Post
3 Comments
  • Redaksi
    Redaksi 10/08/2023 9:22 AM

    Pake ring mamarit bisa untuk lempar jauh pake reel spinning gak hu?

    • Masrum
      Masrum 10/08/2023 9:25 AM

      Bisa kalau jorannya gak terlalu panjang. Misal buat tegek ukuran 240 ke bawah.
      Semakin panjang otomatis gesekan antara senar dan ring semakin besar juga.

    • Redaksi
      Redaksi 10/08/2023 9:26 AM

      Oalah oke thanks, siap hu

Add Comment
comment url