Umpan Buah untuk Bawal yang Sudah Terbukti Strike

Ada banyak jenis umpan buah untuk bawal yang sebenarnya bisa kita coba. Mungkin, kita malas menggunakan umpan hidup (lifebait) dan racikan karena kotor.

Atau mungkin memang sedang ingin mencoba jenis umpan baru untuk mancing bawal. Pada kesempatan kali ini, blog memancing merangkum beberapa jenis umpan dari buah-buahan.

Sebagai tambahan informasi, buah sebenarnya memang salah satu makanan alami beberapa jenis ikan. Ikan-ikan akan menunggu buah jatuh ke sungai, kemudian memakannya.

Terlebih, umpan buah yang punya warna mencolok. Seperti warna kuning, orange, dan hijau. Buah disukai ikan tidak hanya dari warnanya, tetapi juga aroma dan rasanya.

Beberapa jenis buah untuk bawal yang sudah terbukti strike mendapat ikan antara lain:

  1. Jambu;
  2. Melinjo;
  3. Pisang;
  4. Pepaya;
  5. Kelapa muda;
  6. Karsen/buah seri.

Lantas, bagaimana cara menggunakan umpan buah untuk mancing bawal? Ternyata ada yang digunakan secara utuh, ada juga yang mesti dipotong lalu dirangkai di kail sampai senar.

Cara Pakai Umpan BUah untuk Bawal Ampuh

Beberapa buah di atas tidak hanya ampuh untuk memancing ikan bawal. Ambil saja contoh buah pisang, di mana ini bisa menjadi umpan ampuh untuk ikan patin liar atau jendil.

1. Jambu, ambil jambu biji atau jambu air. Potong bagian daging jambu, gunakan secukupnya di kail. Biasanya satu sampai tiga potongan sudah cukup.

2. Melinjo, gunakan melinjo yang berwarna merah (jangan yang hijau). Kelupas kulitnya, kemudian potong memanjang sesuai ukuran kail.

3. Pisang, potong dadu buah pisang (usahakan tidak terlalu matang agar tidak hancur di air). Kemudian pasang ke kail sampai tembus. Kita bisa membuatnya mirip sate, yaitu memasukkan antara 5 sampai 6 potongan buah pisang sampai masuk senar. Hasilnya nanti seperti memanjang.

4. Pepaya, sedangkan untuk pepaya bisa menggunakan 1 sampai 3 potongan saja. Jangan terlalu besar jika target utamanya adalah ikan bawal. Asalkan menutupi kail saja, ujung kail tidak perlu kelihatan.

5. Kelapa muda atau degan, cara memasang umpan buah untuk bawal dengan kelapa muda (degan) sama dengan memasang umpan pisang. Kita bisa merangkai model sate memanjang sampai tembus senar.

6. Karsen, sedangkan untuk buah karsen caranya mudah. Tinggal ambil satu buah saja yang masak (warna merah lebih baik), kemudian tusuk di kail. Jika pakai buah karsen, biasanya menggunakan rangkaian beberapa kail agar lebih besar kemungkinan terlihat oleh ikan.

Umpan Buah untuk Bawal yang Sudah Terbukti Strike
Gambar dari blog Kabar Mancing

Keuntungan Pakai Umpan Buah untuk Mancing Ikan

Sebenarnya, ada banyak kelebihan dan keuntungan menggunakan umpan buah untuk bawal maupun jenis ikan yang lainnya. Pertama, kita tidak akan gluprut atau kotor seperti saat menggunakan umpan lifebait seperti cacing atau umpan racikan.

Kedua, ini yang paling saya suka, kalau ikan tidak mau makan, kita bisa makan umpannya. Lumayan daripada gabut menunggu, bisa sambil makan buah yang kita bawa sebagai umpan.

Ketiga, untuk mendapatkan buah-buah di atas sebenarnya cukup mudah. Misalnya, pisang dan pepaya, biasanya di sekitar rumah kita ada pohon yang berbuah.

Tertarik mencoba umpan buah untuk bawal dan memancing ikan lainnya? Atau kalian justru sudah pernah mencobanya? Coba ceritakan pengalaman pakai umpan ini di kolom komentar, ya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url