Umpan Alami Ikan Gurame Liar untuk Mancing di Sungai

Apa saja rekomendasi umpan alami gurame liar untuk mancing? Sebenarnya, ada 2 jenis secara umum yaitu umpan alami dan umpan buatan (racikan).

Gurame menjadi salah satu jenis ikan konsumsi paling populer di Indonesia. Harga ikan gurame per kg rata-rata di angka 35k. Namun bisa harga tersebut bisa anjlok menyentuh 19k per kg, dan bisa meningkat hingga 45k per kg.

Tidak jarang di alam liar ada banyak ikan gurame, sehingga membutuhkan umpan untuk mancing. Kalau kalian, lebih suka menggunakan umpan alami atau racikan?

Rekomendasi Umpan Alami Gurame Liar

Di alam liar, gurame memakan segala, baik itu umpan hidup hingga tanaman. Memahami habitat hidup gurame sebelum memancing cukup penting agar nantinya mendapatkan hasil.

Berikut adalah daftar apa saja makanan alami gurame di alam liar:

  1. Ulat bambu;
  2. Ulat daun pisang;
  3. Anak atau larva tawon;
  4. Laron;
  5. Jangkrik;
  6. Cacing (merah, plungker, fosfor);
  7. Umpan kroto;
  8. Daun talas;
  9. Daun singkong;
  10. Belalang;
  11. Kecoa dan ceremende (kecoa batu);
  12. Orong-orong;
  13. Lumut;
  14. Jekutru (larva capung).
Umpan Alami Ikan Gurame Liar untuk Mancing di Sungai
Sumber Universitas Airlangga

Sesuaikan umpan dengan ukuran gurame target. Jika masih kecil bisa pakai laron, cacing merah, atau jekutru. Tetapi kalau ukurannya sudah besar, bisa menggunakan umpan yang lebih besar pula.

Sedangkan untuk umpan gurame di kolam, mayoritas menggunakan racikan khusus. Misalnya, racikan antara bahan kuning telur rebus dan pelet 781-2 sp.

Kemudian, pemancing biasanya akan menambahkan essense untuk menguatkan aroma amis dari pelet dan telur. Selain itu, ada berbagai umpan racikan yang bisa kalian coba.

Berdasarkan penjelasan di atas, apakah kalian lebih sering menggunakan umpan alami ikan gurame liar untuk mancing atau pakai umpan racikan? Jika ada umpan yang kelewatan, bisa tulis di komentar, ya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url