Senja Karier Penulis Artikel Lepas di Zaman Serba Otomatis

Jika Anda sedang menjadikan penulis lepas sebagai pekerjaan utama, sebaiknya mulai menyiapkan seawall untuk menahan gelombang keterpurukan di masa yang akan datang. Pasalnya, pekerjaan ini sepertinya sudah sampai di senja hari.

Sebagai catatan untuk saya pribadi, syukur-syukur informasi ini dapat memberi pandangan baru untuk Anda.

2019 silam, saya mulai menceburkan diri ke dunia tulis-menulis, khususnya penulis lepas. Pesanan ramai, tentu saja, bahkan setiap hari selalu ada. Saya menolak beberapa lantaran pekerjaan sudah penuh untuk satu bulan ke depan.

Fee? Pernah tembus lebih dari 15 juta per bulan. Itu hanya berlangsung selama sekitar 5 bulan saja. Semakin ke sini semakin surut.

Sedangkan di 2023, pesanan yang semula banyak sampai saya tolak, sekarang hilang sepenuhnya bak ditelan bumi.

Saya pikir salah satu faktor yang menyebabkan karier penulis artikel lepas tidak lagi 'menjanjikan' adalah viralnya teknologi modern yang serba otomatis. Sebut saja, artificial intelligence (AI) yang dapat melakukan nyaris semua pekerjaan, tidak terkecuali content writer.

Berbeda halnya dengan manusia, AI bisa menulis artikel panjang dalam hitungan detik. Hasilnya pun tidak terlalu buruk, masih bisa dibaca dan bisa dipahami.

Tentunya, artikel hasil generate AI perlu sedikit perbaikan agar natural layaknya tulisan manusia sesungguhnya.

Terlebih ada beberapa tools AI content writer yang gratis. Ini menjadi pilihan mayoritas masyrakat Indonesia, kalau ada yang gratis kenapa harus yang berbayar, mahal lagi.

Sinar Penulis Lepas Nyaris Hilang, Terbit Fajar Perubahan

Tampaknya, saya terlalu cepat menyimpulkan bahwa karier penulis artikel lepas akan padam. Ternyata tidak serta-merta demikian, masih ada secercah semburat fajar yang mungkin membawa perubahan ke arah lebih baik.

Saya mengamati kehadiran AI sebagai penulis artikel tidak terlalu berpengaruh untuk market luar negeri. Ya, sinar baru tersebut adalah penulis artikel lepas bahasa Inggris.

Sepertinya itulah satu-satunya jalan keluar yang harus kita ambil untuk keluar dari jurang keterpurukan, menuju bukit indah kesejahteraan. Tindakan yang benar-benar radikal: mengubah market lokal ke market internasional.

Anda sebagai penulis artikel, dan jika merasakan hal serupa, tentu tahu apa langkah pertama yang sebaiknya diambil. Ya, Anda tidak salah, kita harus mahir writing bahasa Inggris.

Mahir writing akan membuka beberapa pintu kesempatan baru. Misalnya sebagai penulis prompt AI, ini merupakan pekerjaan yang justru muncul karena kehadiran AI.

Selanjutnya, apa? Entahlah, saya mau turu.

Senja Karier Penulis Artikel Lepas di Zaman Serba Otomatis
Pexels, edited on Photoscape
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url