Mengapa Ikan Tidak Mau Makan Umpan saat Mancing?

Untuk menjawab pertanyaan mengapa ikan tidak mau makan umpan, ada beberapa faktor sebagai pendahuluan. Faktor tersebut antara lain adalah:

  • Ikan jenis apa yang kita pancing?
  • Bagaimana keadaan air saat memancing?
  • Umpan apa yang kita gunakan?
  • Apakah ada faktor X yang mengakibatkan ikan tidak mau makan?

Informasi di artikel blog memancing ini sebagai catatan saya pribadi, jika kalian memiliki pengalaman mengatasi ikan tidak mau makan, bisa menulis di komentar ya.

Mengatasi Mengapa Ikan Tidak Mau Makan Umpan

Memancing menjadi hobi yang asyik, baik laki-laki maupun perempuan. Teknik memancing pun ada cukup banyak, seperti mancing pelampungan, dasaran, casting, fly fishing, dan sebagainya.

Berikut ini upaya yang bisa para pemancing lakukan jika umpan tidak dimakan ikan.

1. Jenis Ikan yang Tepat

Memancing memang untung-untungan, tetapi kita bisa mengusahakan agar tepat sasaran. Maka dari itulah, sebelum berangkat memancing tentukan target ikan terlebih dulu.

Misalnya, di sini kita menargetkan ikan nila atau mujair di sungai.

2. Memastikan Keadaan Air Mendukung

Ikan nila suka berada di pinggiran, di bawah air terjun, atau di sarangnya. Memastikan keadaan air tidak terlalu keruh dan tidak terlalu deras sangat penting.

Jika air kurang bagus, ikan akan lebih senang sembunyi di sarangnya sepanjang hari. Itu akan lebih sulit untuk memancing nila.

Air yang sedang naik terlalu tinggi atau sedang surut terlalu dalam juga tidak bagus untuk memancing.

3. Umpan Mancing yang Gacor

Umumnya, memancing ikan menggunakan umpan lumut, cacing, jangkrik, jekutru, atau umpan racikan. Optimalkan umpan yang kita pakai untuk memancing.

Misalnya, saat memancing ikan nila, bisa menambah essen atau garam dapur agar umpan lumut lebih beraroma.

Atau jika menggunakan cacing, bisa menambah telur ayam atau telur bebek sebelum digunakan memancing. Ini akan menambah aroma amis di cacing.

4. Kedalaman Umpan Pas

Jika kita memancing menggunakan pelampung, alangkah penting memperhatikan kedalaman umpan. Berbeda halnya jika kita menggunakan teknik dasaran, tinggal lempar dan tunggu ikan makan.

Biasanya, alasan mengapa ikan tidak mau makan umpan karena terlalu dangkal atau terlalu dalam. Sesuaikan kedalaman dengan spot mancing kalian yaa.

Kadangkala ikan itu manja, tidak mau mencari makan sendiri. Sehingga kita harus mengalah, dengan ndulang atau mengantarkan umpan ke depan mulut ikan itu.

5. Faktor X

Ada saja faktor X yang membuat ikan tidak mau makan. Seperti karena sungai kena racun, ada tukang setrum, baru saja dijala, atau ada unggas mandi di sungai.

Spot yang masih asli dan perawan kemungkinan besar ikannya lahap-lahap. Berbeda dengan spot yang sudah dieksploitasi terlalu sering.

6. Doa Istri (Opsional)

Ini sebenarnya opini saya pribadi, berdasarkan pengalaman kalau istri mrengut atau mecucu (tidak senang) saat kita berangkat mancing, ikan jadi sulit makan.

Jadi, untuk mengatasi hal ini sebaiknya pastikan sebelum mancing sudah mendapat izin dari istri sendiri (bukan istri tetangga ya). Misalnya, sudah menyelesaikan pekerjaan, rumah dalam keadaan damai, atau kasih uang belanja tambahan.

Boncos Mengapa Ikan Tidak Mau Makan Umpan saat Mancing
Gak jadi boncos, Pexels

Alternatif Jika Ikan Tidak Mau Makan Umpan saat Mancing

Alternatif lain yang biasanya saya pakai sebagai alibi anti boncos adalah microfishing.

Saat berangkat mancing targetnya adalah ikan besar, tetapi karena ikan tidak makan, langsung putar haluan mancing ikan kecil. Seperti ikan wader, betik/betok, dan ikan uceng.

Soalnya, menurut saya memancing ikan kecil (microfishing) persentase dapatnya lebih tinggi. Umpannya juga beragam yang bisa kita pakai.

Itulah setidaknya alasan yang semoga menjawab mengapa ikan tidak mau makan umpan. Kalau ada pengalaman unik lain bisa share di komentar ya.

Next Post Previous Post
2 Comments
  • Riuzaki
    Riuzaki 9/16/2023 10:22 AM

    Bajigur doa istri wkwkwwk

    • Masrum
      Masrum 9/19/2023 10:36 AM

      Biar mancing jadi lebih tenang 😌

Add Comment
comment url