Koleksi Ekor Ikan Hasil Mancing Jadi Tren, Sebuah Kebanggaan Tersendiri

Grup Facebook Komunikasi Castinger Gabus Toman Indonesia sedang dihebohkan dengan kegiatan koleksi ekor ikan hasil mancing. Kegiatan ini sebenarnya cukup populer, terutama di Kalimantan yang notabene ikan gabus dan toman masih sangat melimpah.

Koleksi ekor ikan selain sebagai bukti pernah dapat, ternyata memberi kebanggaan tersendiri untuk pemancing.

Koleksi Ekor Ikan Hasil Mancing Jadi Tren, Sebuah Kebanggaan Tersendiri (2)
Foto by Budi Boncis

Pasalnya, semakin besar ekor ikan hingga menyerupai kipas, maka semakin keren pemancing tersebut.

Melalui akun Facebook miliknya, Mas Joy membagikan sebuah foto di mana ia mendapat begitu banyak ekor ikan. Lebih dari 70 ekor tampak dipanjang di tembok berlatar belakang putih.

Berikut tangkapan layar unggahan Mas Joy di grup tersebut.

Koleksi Ekor Ikan Hasil Mancing Jadi Tren, Sebuah Kebanggaan Tersendiri

Cara Koleksi Ekor Ikan Hasil Mancing yang Sedang Menjadi Tren

Jika berminat, ternyata cara untuk mengoleksi ekor ikan hasil memancing cukup mudah. Tidak hanya untuk ekor gabus dan toman semata, tetapi bisa untuk ikan jenis lain yang berfokus pada ukurannya.

  1. Potong ekor ikan, sirip, atau bagian lain saat masih basah dan berlendir.
  2. Tempel di tembok yang berlapis.

Mas Joy menjelaskan tidak perlu mengeringkan di bawah sinar matahari langsung. Kecuali jika kalian ingin mengawetkan bagian lain di wadah khusus, seperti pigura.

Sedangkan kalau kalian mendapatkan ikan dari laut, apalagi itu merupakan pengalaman pertama, mengoleksi sebagai pajangan merupakan tindakan yang berkesan.

Sudah banyak orang yang mengoleksi bagian ikan hasil pancingan dari laut. Misalnya ikan giant trevally (kuwe gerong) atau kepala marlin.

Dari ekor ikan kering itu kita bisa mengira-ngira, seberapa besar ukuran ikan yang terpancing. Apakah kalian tertarik dengan mencoba tren koleksi ekor ikan hasil mancing tersebut?

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url