Karakteristik Ikan Toman di Tepi Keramba, Persiapan sebelum Casting

Ikan toman adalah salah satu jenis predator yang menjadi favorit para pemancing casting di samping hampala dan gabus. Agar mancing casting ikan ini maksimal, perhatikan dulu bagaimana karakteristik ikan toman di tepi keramba.

  1. Ikan toman suka berada di tepian, apalagi jika ada keramba ikan di sekitarnya. Soalnya ia akan menunggu adanya mangsa ikan kecil yang lewat di lokasi kekuasaannya.
  2. Selain di tepian keramba, ikan toman suka sembunyi di sungai air tawar yang terdapat ranting. Termasuk di bawah pohon sehingga permukaan air tidak terkena sinar matahari langsung.
  3. Umpan mancing top water yang menimbulkan percikan air sangat efektif untuk mengusik keberaaan ikan toman. Ia akan menyambar meskipun berada pada jarak beberapa meter.
  4. Cara mudah casting ikan toman di tepian keramba adalah dengan melakukan short cast. Tidak perlu melempar umpan terlalu jauh, maksimal sekitar 10 meter saja. Hal ini memberi manfaat agar umpan tidak menyangkut di jaring keramba, serta memberi kendali penuh untuk melakukan retrieve paling mantap.
  5. Umpan top water dengan target ikan toman, tentu akan memberi 'ledakan'. Kalian sebaiknya tidak kaget jika tiba-tiba ada toman monster menyambar saat umpan sudah berada dekat sekali dengan perahu.

Itulah karakteristik ikan toman di tepi keramba dan persiapan sebelum mancing casting. Ikan ini lebih sering aktif sebelum matahari terbit dan sore-sore menjelang matahari terbenam. Karateristiknya hampir sama dengan gabus, karena memang masih satu famili.

Karakteristik Ikan Toman di Tepi Keramba, Persiapan sebelum Casting


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url