Bagaimana Cara Menarik Umpan Silencer untuk Casting?

Umpan silencer tidak lagi asing di kalangan para pemancing teknik casting. Pasalnya, umpan ini cukup efektif untuk menggoda predator target.

Lantas, bagaimana cara menarik (retrieve) umpan silencer dan bagaimana action umpan yang paling powerful?

Pada kesempatan kali ini, saya di blog memancing mencoba merangkum dari diskusi di grup casting. Saya pribadi sebenarnya jarang menggunakan umpan silencer ini.

Umpan silencer adalah salah satu soft lure untuk casting yang memiliki bentuk menyerupai ikan kecil. Target utama umpan silencer adalah gabus, hampala, dan ikan toman.

Saat menggunakan umpan ini, biasanya umpan saya modifikasi dengan menambahkan blade dan timah di kail. Maka, secara otomatis action umpan yang saya pakai berada di under water dan tenggelam.

Tetapi, ada juga yang memainkan umpan silencer sebagai top water (di atas air). Beberapa informasi di bawah berdasarkan hasil di forum diskusi. Kalian yang memiliki pengalaman menggunakan umpan silencer, dapat menulis pengalaman itu di komentar ya.

Cara Memainkan Umpan Silencer secara Umum untuk Casting Gabus, Hampala, dan Ikan Toman

Apakah cara menarik umpan silencer sama dengan soft lure pada umumnya? Sebagai tambahan informasi, perbedaan paling jelas antara silencer dan soft lure terdapat di bagian ekor.

Jika kalian perhatikan, silencer punya ekor panjang dan bercabang lurus kecil. Sedangkan soft lure pada umumnya punya ekor menonjol.

Ekor tersebut membuat action soft lure akan terbentuk secara otomatis saat kita tarik (retrieve). Berbeda dengan umpan silencer, kita perlu melakukan beberapa sentakan agar action terbentuk.

1. Umpan Silencer di Top Water

Bagaimana cara menarik umpan silencer tanpa timah pemberat
Umpan silencer untuk casting tanpa timah pemberat

Jika umpan silencer yang kalian punya di kail tanpa timah, actionnya akan berada di top water (atas air).

Maka dari itulah, untuk membuat action dan menggunakan umpan silencer adalah menarik dengan sentakan. Gampangnya, ini mirip saat kalian pakai umpan WTD.

Kalau hanya kita tarik lurus, umpan silencer top water akan bergerak lurus dan miring. Hal tersebut tidak mempresentasikan ikan hidup.

Terlepas dari itu semua, keberuntungan juga menjadi pertimbangan. Tidak jarang saat kita lempar umpan silencer itu, pas jatuh di air langsung disambar oleh ikan predator.

2. Umpan Silencer Tenggelam

Bagaimana cara menarik umpan silencer dengan timah pemberat dan blade
Umpan silencer untuk casting dengan timah pemberat + blade

Cara menarik umpan silencer berikutnya jika menggunakan timah pemberat di kail. Action umpan ini berada di under water (bawah air atau tenggelam).

Maka, cara memainkan umpan silencer sebenarnya sama. Jangan langsung tarik lurus, tetapi beri beberapa sentakan khusus agar umpan di bawah air menunjukkan action terbaiknya.

Bayangkan kalian pakai WTD, tetapi itu berada di dalam air.

Kemudian, beberapa tips menggunakan umpan silencer untuk casting lainnya sebagai berikut:

  • Tambahkan blade (sama seperti di soft frog) di bagian kail;
  • Jika menggunakan silencer di bawah air, tunggu beberapa waktu hingga tenggelam;
  • Saat umpan silencer disambar ikan predator, tunggu beberapa waktu (antara 2-5 detik) sebelum menyentaknya;
  • Pastikan saat melempar akurat jatuh di sekitar spot yang dianggap berpotensi terdapat ikan predator; dan
  • Meningkatkan jam terbang menggunakan umpan silencer ini.

Akhir Kata

Setidaknya, itulah jawaban untuk menjawab bagaimana cara menarik umpan silencer untuk casting agar menghasilkan action terbaik. Sekaligus beberapa tips yang semoga bisa membantu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url