Stream Fishing Adalah, Penjelasan Lengkap dan Piranti Mancing

Berbicara tentang jenis memancing ikan, ada banyak sekali mulai dari casting, live bait, dan tentu saja stream fishing adalah teknik yang berdasarkan lokasi maupun piranti khusus. Sebagaimana micro fishing, dalam stream fishing membutuhkan alat pancing rod (joran), lokasi, dan umpan yang beragam.

Banyaknya jenis teknik memancing yang ada di dunia, kita bisa menggunakan teknik yang mana saja sesuai dengan lokasi dan spot mancing. Contohnya, spot mancing kita di pinggir laut, maka kita bisa memakai teknik mancing pasiran.

Yang mana dalam teknik pasiran butuh joran pasiran yang panjang dan kuat, senar (monoline maupun braided) yang besar, dan timah yang sama-sama besar supaya lemparan bisa jauh. Sedangkan kalau spot mancing kita dalah sungai, teknik mancing yang bisa kita pakai ada sangat beragam.

Sungai dibagi lagi menjadi beberapa jenis, ada sungai arus tenang dan sungai arus deras (jeram). Mancing di sungai arus tenang dapat memakai teknik pelampungan, dasaran, maupun casting menggunakan umpan tiruan. Sedangkan mancing casting di sungai arus deras yang ukuran sungainya tidak terlalu besar, biasa kita kenal sebagai stream fishing.

Pengertian Stream Fishing Adalah

Strream Fishing Adalah
Src: midcurrent.com

Berdasarkan beberapa penjelasan di atas, stream fishing secara harfiah merujuk pada memancing casting pada stream atau sungai kecil berarus. Yang mana jenis sungai ini bisa berbeda di tiap negara. Ada sungai kecil dangkal yang jeram dengan batu-batu, sungai dengan pohon rimbun di sisi kiri dan kanan, maupun sungai yang masih alami sampai-sampai sinar matahari sulit masuk.

Oleh karena itulah, saat melempar umpan buatan (lure) mancing stream fishing, membutuhkan piranti khusus yang menunjang di medan stream. Sungai yang jernih, dangkal, ukurannya tidak terlalu besar, berarus, berbatu, dan di sekelilingnya ada banyak pohon menjadi ciri utama stream.

Sejatinya, stream fishing adalah casting namun di lokasi spot dengan ciri-ciri di atas. Sungai jenis stream seringkali digunakan untuk teknik memancing fly fishing, terlebih untuk sungai yang masih alami namun tidak banyak pohon di sekelilingnya.

Stream Fishing Adalah: Mengenal dari Piranti yang Digunakan

Kalian yang memancing casting di sungai kecil berarus dan dangkal, sejatinya sudah memancing dengan teknik stream fishing. Dalam proses memancing tersebut, seseorang tidak membutuhkan long cast atau melempar jauh, asalkan lemparan terkontrol jatuh tepat sasaran.

1. Target Mancing Stream Fishing

Berbicara tentang target ikan stream fishing, yang paling umum adalah hampala dan hampili. Namun, tidak menutup kemungkinan kita mendapatkan ikan jenis lain seperti wader, channa, braskap, nila, red devil, dan ikan-ikan penghuni sungai itu lainnya.

2. Piranti untuk Stream Fishing

Piranti khusus memang perlu agar kenyamanan dan ketepatan membuahkan hasil sesuai dengan harapan.

a) Rod (joran), umumnya menggunakan rod stream fishing khusus. Bisa bahan carbon maupun fiber. Panjangnya antara 140cm sampai 165cm. Rod stream fishing memang tidak terlalu panjang, tipe ultralight umumnya 1-3 lbs, dan rod model single hand (satu tangan). Contoh rod stream yang murah adalah Lemoren, kalian bisa melihat sedikit review Lemoren V1 berikut.

b) Benang, sebenarnya bisa menggunakan senar monoline, namun umumnya pakai braided atau PE dengan ukuran kecil. Pada bagian penghubung antara lure dan PE, jangan lupa menggunakan leader agar lebih aman. Di sisi lain, leader berfungsi menstabilkan gerak umpan kalian.

c) Umpan, sebagaimana casting pada umumnya, umpan menggunakan umpan tiruan. Sesuaikan dengan target dan kebutuhan, mulai dari spoon, rayap lure, WTD, sinking, vibra, atau lainnya.

Setidaknya, itulah 3 piranti utama yang kita gunakan dalam stream fishing. Untuk reel pancing, usahakan menggunakan reel yang nyaman bagi kalian, entah itu power handle atau tidak, entah itu reel shallow spool atau tidak, semua kembali ke diri kalian masing-masing.

Ciri Utama Stream Fishing

Pada akhirnya, berikut kesimpulan yang bisa kita ambil dari penjelasan di atas.

  1. Stream fishing adalah casting di sungai kecil berarus, dangkal, jernih, jeram, dan banyak pohon di sekitarnya.
  2. Membutuhkan joran, baik spinning maupun baitcasting, dengan ukuran tidak lebih dari 180cm.
  3. Umumnya joran menggunakan tipe single hand (satu tangan), bukan tipe jap style.
  4. Target ikan kecil sampai menengah.
  5. Dalam proses memancing, angler bisa mencebur ke sungai kemudian mengikuti arus ke hulu, atau hanya memancing di pinggir sungai.

Sekian penjelasan tentang teknik mancing satu ini. Stream fishing adalah teknik yang sebaiknya kita coba, apalagi kita suka mancing casting. Jika ada pendapat atau informasi lainnya, jangan ragu menuliskannya di komentar!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url