Review Joran Wader Spinning Lentur 150 cm Sambung Tengah

Joran wader spinning pada dasarnya kurang populer. Mengapa? Sebab masih kalah populer dengan tegek lentur atau pole. Hal tersebut bermula pada sebuah anggapan, bahwa model spinning untuk memancing ikan wader sensasinya kurang terasa.

Padahal tidak melulu begitu, lihat-lihat bagaimana jorannya. Memang, kekurangan yang tampak paling jelas pasti beratnya. Karena kita harus menahan reel spinningnya.

Tetapi, kalau memancing model dasaran, kita bisa meletakkan joran dan menunggu ikan memakan umpan. Inilah kelebihannya, kita bisa lempar jauh meskipun jorannya pendek, terus tinggal diletakkan di dekat kita. Ujung yang lentur membuat tarikan saat ikan memakan umpan jelas terlihat.

Model Jorang Wader Spinning Sensasi Tetap Terasa

joran wader spinning 150cm

Ternyata setelah saya coba sendiri, sensasi tarikan ikan wader tetap terasa meskipun menggunakan joran spinning dan reel spinning. Alasannya, karena joran spinning model ini memang dikhususkan untuk ikan-ikan kecil seperti wader, nener nila, uceng, dan ikan sungai lainnya.

Kalau dapat ikan yang lebih besar, sudah pasti lebih terasa berotannya.

1. Panjang 150

Joran pendek akan memaksimalkan sensasi tarikan ikan. Panjang joran wader spinning ini dari ujung sampai bonggol kurang lebih hanya 150 cm saja. Jadi, getaran saat ikan wader kena kail sampai ke ubun-ubun kita.

Meski begitu, panjang yang hanya 150 cm tidak menghalangi kita untuk melempar umpan ke tempat jauh. Model joran jap style dengan reel spinning, kita bebas mau lempar umpan ke mana.

2. Ring Guide Ceramic

Hal kedua dari joran wader spinning adalah ring guide yang sudah ceramic. Ring ceramic tentu saja mempunyai lubang yang lebih besar daripada ring kawat neklin. Tujuannya untuk lemparan yang lebih jauh serta meminimalisir gesekan senar. Agar senar lebih awet.

joran wader spinning ring ceramic

Untuk memancing ikan wader dengan kolong ceramic, tentu saja tidak membuat senar keriting. Tapi sayangnya, kolong ceramic lebih berat, sehingga joran terkesan sangat lentur entul entul begitu.

3. Action Super Low Taper

Action joran ini adalah super low, sangat lentur. Panjang yang hanya 150 cm dengan action yang demikian lentur, jelas membuat tarikan ikan kecil sangat terasa.

action joran wader spinning

Tetapi kalau kamu tidak suka dengan action super lentur, mungkin joran ini kurang cocok. Kamu bisa mencoba lebih dulu joran wader super lentur milik teman. Karena dengan action super lentur ini, kita jadi lebih sulit melempar umpan.

4. Sambung 2

Kamu tidak perlu khawatir kalau membawa joran ini adventure. Sebab lebih efisien daripada one piece. Sambung 2, masing-masing panjang piece kurang lebih 75 cm saja.

5. Bahan Fiber

Saya sebenarnya cukup bingung, mengapa banyak yang meremehkan bahan joran fiber. Padahal, fiber mempunyai kelenturan dan keuletan yang luar biasa. Harganya juga jauh lebih murah daripada bahan joran carbon.

joran wader spinning bahan fiber

Untuk beratnya, memang fiber lebih berat. Tetapi hal tersebut tidak terlalu terasa karena kita menggunakan reel spinning dan panjangnya hanya 150 cm.

6. Custom Handle Jap Style

handle joran wader spinning

Hal menarik dari joran wader spinning ini adalah handle custom model jap style. Reel seat bahan plastik, ada busa eva yang bisa kita pilih sendiri warnanya. Model seperti ini saya rasa lebih keren, modern, dan rapi.

7. Harga

Harga joran yang saya dapat ini adalah 120 ribuan saja. Kita sudah mendapatkan joran spinning 1lb yang sangat lentur untuk sensasi tarikan ikan wader!

Kesimpulannya, saya sendiri merasa biasa saja sebenarnya dengan joran wader spinning ini. Pertimbangan saya adalah harga terjangkau, model spinning sehingga bisa lempar jauh karena saya lebih sering bermain dasaran/glosor. Sayangnya terlalu lentur sehingga lebih sulit melempar umpan walaupun sensasi tarikan terasa.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url