6 Jenis Tanaman Moss Aquascape Cocok untuk Aquascaper Pemula

Berikut beberapa jenis tanaman moss aquascape yang cocok buat para aquascaper pemula. Simak informasi berikut!

Moss merupakan salah satu tanaman aquascape yang tidak mempunyai akar, batang, dan daun. Habitat tanaman ini adalah tempat yang lembab, seperti air. Moss berguna untuk mempercantik aquascape dan tempat persembunyian ikan.

Jenis-jenis tanaman moss aquascape memang banyak ragamnya. Namun, para aquascaper pemula tidak perlu bingung. Kali ini saya akan memberikan beberapa rekomendasi jenis tanaman moss yang cocok buat kamu yang baru ingin memulai membuat aquascape.

1. Java Moss

Jenis Java Moss

Jenis moss aquascape yang berasal dari Asia Tenggara ini merupakan moss yang paling umum dipakai para aquascaper. Sebab, perawatannya cukup mudah dan tidak sulit ditemukan. Hanya perlu direkatkan pada hardscape, moss dapat tumbuh dengan baik.

Selain itu, Java Moss dapat bertahan dalam kurun waktu yang lama walaupun dengan cahaya rendah serta tanpa adanya injeksi CO₂. Biasanya harga Java Moss dipatok mulai dari Rp8.000-Rp25.000.

2. String Moss

Jenis String Moss

String Moss merupakan salah satu jenis moss aquascape yang tergolong murah, hanya dengan mulai Rp8.000-Rp15.000 saja. String Moss dapat bertahan dengan pencahayaan rendah serta tanpa adanya CO₂ tambahan.

Selain perawatannya yang mudah, juga memiliki keunikan. Pertumbuhannya yang memanjang dan muncul bintik hitam di ujung batangnya. Mempunyai warna hijau gelap dan sedikit hitam di beberapa titiknya juga menjadi daya tarik tersendiri. 

3. Cryptocoryne Moss

Jenis Cryptocoryne Moss

Cryptocoryne Moss juga merupakan jenis moss yang mudah kamu rawat. Sebab, mudah beradaptasi di berbagai lingkungan. Selain itu, pertumbuhannya akan tetap baik di kondisi pH air apapun.

Namun, yang perlu kamu ketahui Cryptocoryne Moss ini sedikit sensitif pada perubahan air. Sehingga rawan rontok. Jenis ini memiliki varietas yang banyak, dengan harga mulai Rp400 per batangnya.

4. Christmas Moss

Jenis Christmas Moss

Salah satu jenis moss yang banyak dicari aquascaper karena warnanya yang indah. Berwarna hijau terang, bertekstur padat, dan siripnya yang tumbuh tak beraturan menyebar. Memiliki bentuk seperti pohon natal, maka dinamakan Christmas Moss.

Perawatan Christmas Moss juga mudah, karena tidak memerlukan CO₂ dan cahaya. Jenis ini suka tumbuh merayap di bebatuan, sehingga kurang cocok jika kamu letakkan di hardscape. Harganya pun masih aman di kantong, mulai Rp8.000-Rp20.000 saja.

5. Peacock Moss

Peacock Moss Rasbora.id

Tanaman ini tergolong moss yang tidak membutuhkan cahaya tambahan. Kamu bisa menanamnya pada suhu di bawah 30 derajat celcius. Bentuk Peacock Moss hampir sama dengan Christmas Moss, daun bercabang seperti ekor merak berwarna hijau terang.

Harga Peacock Moss pula masih terjangkau bagi kamu aquascaper pemula. Dibandrol dengan harga mulai dari Rp7.000-Rp30.000 saja kamu bisa mendapatkan moss yang sangat indah ini.

6. Fissiden Moss

Jenis Fissiden Moss

Moss jenis ini mempunyai daya tarik tersendiri bagi aquascaper. Bentuk daunnya yang kecil, berwarna hijau gelap, dan ketika terkena air pergerakannya menjadi sangat indah. Hanya saja pertumbuhannya lumayan lamban.

Fissiden Moss cocok diletakkan di bebatuan, sebab akan menghasilkan kesan yang natural. Kamu tidak perlu menempelkan moss ini terlalu banyak. Sebab, sedikit saja hasilnya sudah sangat indah.

Pertumbuhannya juga cukup baik tanpa adanya inject CO₂. Namun, saya menyarankan agar tetap menambahkan CO₂ untuk pertumbuhan yang lebih cepat. Harga dari Fissiden Moss rata-rata dibandrol Rp15.000, masih ramah di kantong dengan moss seindah ini.

Itulah beberapa jenis moss aquascape versi Blog Memancing yang saya rekomendasikan bagi kamu para aquascaper pemula. Kalau kamu punya rekomendasi yang lain, tulis di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url